Cara Mudah Merubah Background Foto di Photoshop CS6

Posted on Updated on

Mempunyai foto yang unik tentu akan sangat menyenangkan, terutama bagi mereka yang gemar take foto. Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk membuat foto kita terlihat unik atau berbeda adalah dengan merubah latar belakang (background) foto kita sendiri. Pada posting kali ini, saya akan coba berbagi cara mudah merubah background foto di Photoshop dengan menggunakan tool yang bernama Polygonal Lasso Tool. Photoshop yang saya pakai adalah Photoshop CS6. Bagi yang belum memiliki Photoshop CS6, tidak perlu khawatir, karena tampilan dan fitur2nya tidak terlalu jauh berbeda, sehingga tutorial kali ini masih bisa di gunakan di PhotoshopPhotoshop sebelumnya. Berikut tutorialnya.

1) Buka program Photoshop kemudian buka gambar yang akan di edit dengan cara klik FILE – OPENΒ  atau klik CTRL+O pada keyboard. Jangan lupa jika tidak ingin merubah foto yang asli maka sebaiknya duplicate dulu foto tersebut dengan cara klik kanan pada area judul foto kemudian klik DUPLICATE, setelah itu tekan ENTER atau klik OK, seperti tampak pada gambar di bawah ini: (lalu close foto yang asli)

1

2) Ubah layer BACKGROUND pada LAYERS menjadi LAYER 0 (nol) dengan cara double klik pada layer background, sampai muncul tampilan seperti di bawah, setelah itu tekan ENTER atau klik OK.

2

Layer background sekarang telah berubah menjadi LAYER oΒ  seperti tampak pada gambar yang di tandai merah di bawah (note: nama layer bisa disesuaikan sesuai keinginan kita untuk mempermudah kita ketika ingin mengedit foto yang memerlukan layer yang banyak).

3

3) Pada Tool di sebelah kiri, pilih/klik POLIGONAL LASSO TOOL atau bisa secara langsung menekan huruf L pada keyboard agar lebih cepat. Untuk besarnya FEATHER bisa disesuaikan dengan keinginan kita, tapi pada tutorial kali ini sebaiknya jangan terlalu besarΒ  karena akan berpengaruh ketika proses pemotongan area gambar, sebaiknya sekitar angka 0 – 2. Lihat gambar di bawah ini:

4

4) Setelah POLIGONAL LASSO TOOL dipilih/diklik maka lakukan seleksi area pada gambar. Klik pada area gambar kemudian arahkan pointer (mouse) untuk menyeleksi gambar kemudian klik, kemudian arahkan dan klik lagi, begitu seterusnya sampai kembali pada awal meletakkan/mengklik mouse pada gambar kemudian double klik, untuk lebih jelasnya lihat petunjuk gambar berikut:

5

5) Setelah melakukan double klik mouse, maka area akan terseleksi seperti gambar di bawah ini: (area terseleksi ditunjukkan oleh garis putus-putus pada sekitar foto)

6

6) Sebelum melakukan pemotongan, pilih menu SELECT pada menu bar kemudian pilih INVERSE atau tekan CTRL+SHIFT+I pada keyboard, maka area yang terseleksi menjadi seperti di bawah ini:

7

7) Ini dia bagian yang paling saya suka :). Tekan DELETE pada keyboard sehingga area yang terseleksi tadi menjadi terpotong dan tampak seperti gambar di bawah ini:

8

8) Buka gambar yang akan dijadikan pengganti background dengan cara pilih menu FILE kemudian pilih OPEN, setelah itu pilih gambar yang dikehendaki. Pada tutorial ini saya memilih foto bunga mawar yang akan saya jadikan background untuk foto Song Hye Kyo yang tadi sudah diedit, kemudian pada foto bunga mawar yang baru di buka, DRAG gambar ke foto Song Hye Kyo tersebut (foto bunga mawar menjadi LAYER 1 berada di atas LAYER 0). Setelah itu, pada layer bunga mawar pilih menu EDIT kemudian pilih FREE TRANSFORM atau tekan CTRL+T pada keyboard dan sesuaikan besar kecilnya foto bunga mawar tersebut dengan menggunakan Pointer (Mouse) di area-area seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

9

9) Setelah posisi foto yang akan dijadikan background sudah sesuai dengan keinginan, maka pindahkan posisi LAYER 1 (bunga mawar) yang tadinya berada di atas layer 0 (Song Hye Kyo) menjadi sebaliknya yaitu LAYER 1 berada di bawah layer 0. Lihat gambar di bawah ini:

11

10) Setelah posisi layer dipindahkan, maka hasil akhirnya seperti ini:

12

song_hye_kyo021 copy

Selanjutnya, Anda bisa langsung menyimpan foto tersebut pada folder yang dikehendaki.

Itulah tahap-tahap merubah background foto di Photoshop CS6. Selamat mencoba ^_^ dan semoga bermanfaat…

*Thanks a lot for my little brother who has installed Adobe Photoshop CS6 for me.. πŸ™‚

Advertisements

74 thoughts on “Cara Mudah Merubah Background Foto di Photoshop CS6

    hardhy said:
    February 18, 2013 at 9:23 am

    cara ngedrag nya gimana ?? maafmasih baru πŸ™‚

    fetixuyan16 responded:
    February 22, 2013 at 4:34 am

    Cara ngeDRAGnya, klik kiri jangan dilepas pada area gambar yang akan di DRAG (di pindahkan) kemudian langsung pindahkan ke foto yang akan diganti backgroundnya. Kalau ngedrag foto backgroundnya sulit, coba layernya diganti
    dulu menjadi layer 0 dengan cara double klik pada kolom layer menjadi layer 0 (seperti ada pada langkah no 2 di atas). πŸ™‚ Mudah-mudahan cukup jelas, jika belum, silahkan bertanya lagi,, πŸ™‚

    EghyR01 said:
    April 1, 2013 at 6:38 am

    Terima Kasih sobat udah mau membagi ilmunya .

      fetixuyan16 responded:
      April 1, 2013 at 1:31 pm

      Sama-sama, mudah2n bermanfaat.. πŸ˜€

    baim said:
    April 4, 2013 at 11:11 pm

    om minta no hp dong ini saya kok gk bias” ya nge drag nya pusing bener

      fetixuyan16 responded:
      April 5, 2013 at 5:13 am

      Photoshop CS6 memang sedikit berbeda dengan photoshop2 sebelumnya. Coba klik 2 kali pada judul photonya untuk memisahkan/minimaze photonya, setelah di minimaze, drag and drop ke photo yg diinginkan..

    baim said:
    April 5, 2013 at 9:11 am

    saat drag nya itu yang tidak berhasil saat saya klik dan saya tahan dan saya pindah kan ke foto itu orang gk muncul di fotonya

    freddy haggard said:
    April 11, 2013 at 5:13 pm

    cara nyimpan gmn

      fetixuyan16 responded:
      April 11, 2013 at 6:10 pm

      Cara simpannya klik menu FILE kemudian SAVE, pilih tempat yg dikehendaki. Jika ingin menyimpan dan ingin merubahnya lagi suatu saat nanti maka format gambarnya pilih PSD, namun jika tidak akan dirubah lagi maka pilih format JPG atau JPEG.. πŸ™‚

    freddy haggard said:
    April 11, 2013 at 6:14 pm

    ma’af y tanya lagi baru bljr nich…
    stlh tk coba ada kendala di pemindahan layers 0 ke 1..gmn caranya

      fetixuyan16 responded:
      April 11, 2013 at 7:58 pm

      Ia tdk apa2.. πŸ™‚
      Langkah no 9 maksudnya?
      aktifkan layer 0 dgn cara klik kiri pada layer 0 kemudian klik kiri lagi jangan dilepas, kemudian geser posisinya menjadi di atas layer 1.
      Atau
      Double klik di layer 0 jangan di lepas kemudian drag/geser/pindahkan posisinya ke layer 1..
      Semoga membantu.. πŸ˜€

    freddy haggard said:
    April 12, 2013 at 6:03 pm

    suwun ya..!!!

      fetixuyan16 responded:
      April 12, 2013 at 9:08 pm

      ya, sama2.. πŸ™‚

        dodo said:
        May 2, 2013 at 8:06 am

        Gan aku udh inverse terus tekn del di kebord kok diminta masukin warna backgroun ya.

    freddy haggard said:
    April 12, 2013 at 10:45 pm

    maap y tanya lagi nich..!!!!
    knp y pas aku open foto lg bt backgroundnya kok LAYERnya g bisa pisah ( atas n bawah ) kayak gambar 9+10 diatas pdhl udah tk clik 2kali

      fetixuyan16 responded:
      April 13, 2013 at 12:53 am

      oh, mungkin pas open foto yg kedua malah masuk ke foto yg pertama alias tidak terpisah-pisah. biar tidak terjadi hal seperti itu, sewaktu drag foto ke photoshop jangan pas ke area foto yang sudah di buka (area foto yang di buka harus di restore) jadi nanti fotonya terpisah2, baru setelah itu drag foto ke foto yang satunya?
      apakah cukup jelas? hehe.. jika belum silahkan tanya lagi..

      fetixuyan16 responded:
      December 12, 2014 at 11:34 pm
    thaminana5 said:
    April 19, 2013 at 8:15 pm

    Thanks infonya ^β€’^

      fetixuyan16 responded:
      April 20, 2013 at 10:00 am

      Anytime.. n_n

    Lazuardi said:
    April 26, 2013 at 6:33 pm

    Nice Info , thanks . . Sangat membantu πŸ™‚

      fetixuyan16 responded:
      April 26, 2013 at 6:59 pm

      Anytime.. πŸ˜€

    dodo said:
    May 2, 2013 at 8:08 am

    Gan aku udh invers lalu tekan del kok diminta warna background ya.bukan kota kotak hitam putih

      fetixuyan16 responded:
      May 2, 2013 at 10:52 am

      coba periksa layernya apakah sudah dirubah menjadi Layer 0 atau belum (langkah no 2)? Kalo belum dan layernya masih Background dan ada tanda gemboknya maka kemungkinan besar tidak akan berhasil… πŸ™‚

    Salma Nurul said:
    May 10, 2013 at 8:16 pm

    kok backgroundnya nggak bisa di delete ?

      fetixuyan16 responded:
      May 10, 2013 at 8:27 pm

      Coba periksa apakah LAYER BACKGROUND-nya sudah diganti dengan LAYER 0 apa belum.. πŸ™‚

    Helmy Rizqy Zaidani said:
    June 9, 2013 at 3:15 pm

    kok file-nya ngga bisa di ganti PNG/JPG ya??

      fetixuyan16 responded:
      June 10, 2013 at 2:26 pm

      Coba jangan langsung tekan CTRL+S untuk menyimpan filenya, tapi gunakan cara manual, yaitu tekan FILE kemudian SAVE atau SAVE AS, baru pilih dimana akan di save dan ubah format ke JPG atau yang lainnya.. πŸ˜€

        Dagul hidayat said:
        January 5, 2014 at 4:28 pm

        Gan ko saya ga.bisa nge drag tiap kali buka poto baru poto yang ada jadi hlng gmna cara.nya

        fetixuyan16 responded:
        January 6, 2014 at 2:49 pm

        Nah itu dikarenakan ketika open foto, foto jadi bertumpuk (tidak terpisah-pisah). Untuk mengatasi hal ini, sebelum buka foto baru, double klik pada foto yang sudah dibuka di photoshop atau pilih restore down pada sudut kanan foto yg telah di buka, sekat dengan pilihan minimize dan close pada foto ya, bukan pada aplikasi adobe photoshop.. πŸ˜€

    syifa said:
    July 24, 2013 at 6:16 pm

    aku gak maksud dgn kata2 yang nomor 7 dan 6 makasih.. πŸ˜€

    fahrudin said:
    July 25, 2013 at 10:10 pm

    maaf senior, saya mau tanya, permasalahan nya sama seperti freddy haggard, pas q buka file baru layer nya tu memisah, gak jadi satu, pdahal udah nol layer nya, jadi pas mau nge drag nya susah, mohon bantuan ny

      fetixuyan16 responded:
      July 25, 2013 at 10:21 pm

      Nah, photoshop Cs6 memang sedikit berbeda dengan versi sebelumnya yang akan mudah untuk di drag karena fotonya/filenya langsung terpisah, maka dari itu, ketika open file foto/background, pastikan filenya terpisah-pisah dulu agar mudah di drag dengan cara double klik di area judul file/foto sampai foto/file itu punya icon minimize, maximize dan closenya sendiri2.. πŸ˜€

      fetixuyan16 responded:
      December 12, 2014 at 11:31 pm
    poehonk said:
    September 11, 2013 at 11:25 pm

    THANK’S INFONYA GAN????????????

      fetixuyan16 responded:
      September 13, 2013 at 10:11 am

      Ya, sama-sama, semoga bermanfaat.. πŸ˜€

    wpangestie said:
    January 10, 2014 at 9:27 pm

    aduh ni bingung saya gak bisa ngedrag nya gimana mhon bantuanya ?? photo backgroundnya jadiin layer 0 juga ya??

      fetixuyan16 responded:
      January 12, 2014 at 4:32 pm

      iya, rubah dulu jadi layer 0 dengan cara klik double klik di layer background, ingat ya bukan pada fotonya tapi pada layer backgroundnya. Nah setelah itu baru di area foto klik kiri lalu lakukan drag and drop ke foto yang satunya lagi.. πŸ˜€
      kalo belum mengerti, silahkan bertanya lagi, kalo ada yg mau membantu menjawab, dengan senang hati juga bisa post commentnya di sini.. πŸ˜€

        tita said:
        May 19, 2015 at 4:39 pm

        udah nyoba kayak gini tapi nnti difotonya ga ada icon minimize close dll difotonya 😦

        fetixuyan16 responded:
        May 22, 2015 at 5:16 pm

        Di double klik di title bar foto itu nanti juga muncul icon minimize, maximize, sama close. πŸ˜€

    ria said:
    April 23, 2014 at 5:29 pm

    kok ngedelete nya nga mw mw yaa ?
    gimana caranya siiii

      fetixuyan16 responded:
      April 24, 2014 at 11:08 pm

      Nah coba dicek lagi, nama layernya sudah diganti jadi LAYER 0 atau masih LAYER BACKGROUND? kalo masih LAYER BACKGROUND, coba di ganti dulu dengan cara double klik pada layer tersebut… πŸ˜€ (langkah no.2)

    Membuat Efek Hujan di Photoshop | ihsanbasoeky said:
    May 23, 2014 at 7:46 am

    […] 1) Seperti biasa, buka terlebih dulu program Photoshop kemudian buka foto yang akan di edit dengan cara pilih File – Open – pilih foto yang akan di edit – Enter atau bisa langsung tekan CTRL + O. Jika foto asli tidak ingin dirubah maka lebih baik duplikat dulu foto yang telah di buka ( Lihat langkah nomor 1Β di siniΒ ) […]

    tips photoshop said:
    May 26, 2014 at 12:21 pm

    mudah jg ya mengganti background
    thanks admin….

      fetixuyan16 responded:
      May 31, 2014 at 10:46 pm

      Sipppp… sama2.. πŸ˜€

    uprizal madani said:
    May 31, 2014 at 10:19 pm

    kok saya yang ke delete malah orangnya?

      fetixuyan16 responded:
      May 31, 2014 at 10:46 pm

      Coba perhatikan lagi langkah 6, apakah sudah di Inverse sebelum di delete?

    Adinda (@adindautami) said:
    June 14, 2014 at 7:40 pm

    ko layernya gamau sih dituker gimana dong????

      fetixuyan16 responded:
      June 18, 2014 at 8:56 am

      Coba lihat Langkah 2, apakah nama layerna sudah di ganti? Yang tadinya layer background menjadi layer 0.

    kikifirmansyah said:
    July 12, 2014 at 12:39 pm

    gan kok ane seleksi malah “NO PIXELS WERE SELECTED”

      fetixuyan16 responded:
      July 16, 2014 at 7:49 pm

      Coba periksa kembali layer yang aktif yang mana, atau coba periksa FEATHER ketika memilih POLIGONAL LASSO TOOL. Jika hendak melakukan pemotongan, biasanya FEATHERnya tidak terlalu besar, berkisar antara 0 – 2.

    putra said:
    July 25, 2014 at 3:46 pm

    dear All…. mohon bntuannya buat yang punya program photoshop kirim dong ke email aku putraadli513@gmail.com ditunggu ya. makasi sebelumnya

    sobirin said:
    December 10, 2014 at 11:22 am

    makasih sangat membantu,izin copy paste

      fetixuyan16 responded:
      December 10, 2014 at 9:13 pm

      Sama2..
      Ok, silahkan…

    sobirin said:
    December 12, 2014 at 10:14 am

    maaf mhn pencerahanya,saat buka gambar ke 2 gambar ke 1 ketutup sama gambar kedua begitupun layernya,udh klik 2 kali pd gambar ke 1 tapi ga mun
    cul tanda minimize mksh………

    Diva said:
    December 29, 2014 at 11:03 am

    Bro.. aku klik file trus open nah waktu udah aku klik itu kenapa malah muncul lembar kerja baru? trus aku copy layernya ndak bisa. Thx

    asikbookie said:
    December 30, 2014 at 4:49 am

    thx sis infonya
    mampir juga ya sis ke http://www.asikbookie.com
    makasih sist

      fetixuyan16 responded:
      December 30, 2014 at 2:38 pm

      Iya sama-sama, sippp.. πŸ˜€

    dewa selaluonline said:
    January 6, 2015 at 2:01 am

    aneh punyaku,setelah instal ,pas di buka cs6 mau masukin foto kok muncul pilihan macem formatnya,g lsg muncul foto ky cs3 aku dl,skrang ada pilihan formatnya xwml,tex,visual basic,bat,python,pascal dan masih byk lg yg lainnya,tolongin dong,lumayan gede file nya,masa g bs di pkai sih , , klo sist TS py kontak BBM,tlg di pandu ya,btw,bs g komen di sini upload gambar spy jls masalahku,trimakasih

      fetixuyan16 responded:
      January 9, 2015 at 7:16 pm

      Coba periksa lagi Instalannya, sepertinya ada yang salah dengan cara menginstalnya. πŸ˜€

    Membuat efek hujan dengan Photoshop CS3 – lestaari said:
    January 23, 2015 at 3:13 pm

    […] 1) Seperti biasa, buka terlebih dulu program Photoshop kemudian buka foto yang akan di edit dengan cara pilih File – Open – pilih foto yang akan di edit – Enter atau bisa langsung tekan CTRL + O. Jika foto asli tidak ingin dirubah maka lebih baik duplikat dulu foto yang telah di buka ( Lihat langkah nomor 1Β di siniΒ ) […]

    gandi setya prananda said:
    February 2, 2015 at 2:33 pm

    kalau merubah beground/minimize gambar photospop cs3 gimana ya caranya saya kjebak di situ soalnya tolong info

    sitisyifa said:
    February 19, 2015 at 9:20 pm

    thanks yaa.. πŸ™‚

      fetixuyan16 responded:
      February 20, 2015 at 2:07 pm

      Sama-sama.. πŸ˜€

    Risky Apriansyah said:
    February 25, 2015 at 4:50 am

    lumayan

    Adi Febry said:
    February 25, 2015 at 12:14 pm

    mba ko di cs 6 shorcut feather CTR+ALT+D ga berfungsi apa emang semuanya cs 6 seperti itu???

      fetixuyan16 responded:
      February 25, 2015 at 12:31 pm

      Di Photoshop CS6, shortcut feather itu SHIFT + F6, atau secara manualnya pilih menu SELECT kemudian MODIFY, lalu pilih FEATHER..

    Herman S said:
    February 27, 2015 at 11:31 am

    Sis, itu gimana caranya bisa men-seleksi area gambar se-smooth itu??
    Saya lihat sis smooth banget men-seleksi area kepala (rambut) dari si object (Song Hye Kyo)-nya, itu gimana caranya ya? Soalnya say sewaktu klik lepas, klik lepas, hasil seleksi-nya “kaku” sis, ga sebagus punya Sis. (seleksi-nya bisa bener-bener pas seperti kontur kepala/rambut).
    Apakah ada trik tertentu juga (untuk lasso-nya itu).

    Terima kasih sebelumnya.

      fetixuyan16 responded:
      February 28, 2015 at 8:19 am

      Saya rasa trik khususnya hanya sabar dan teliti ketika menseleksi, tidak tergesa2. Lambat laun akan terbiasa rapih.. πŸ˜€
      Tidak ada teknik khusus.. πŸ˜€

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s